Iklan Atas

Cara Mengatasi HP Basah Kena Air Agar Tidak Mati Total

Cara Mengatasi HP Kena Air Agar Tidak Mati Total

Saat smartphone kamu terkena air, kamu pasti panik bukan begini cara memperbaiki hp yang rusak kena air? Sebenarnya ini hal wajar. Akan tetapi lebih baik jangan langsung panik. Segera lakukan pertolongan pertama pada smartphone-mu sehingga air tidak masuk lebih jauh. Meski beberapa smartphone yang beredar di pasaran saat ini sudah tahan air. Akan tetapi, bila smartphone yang ada digenggamanmu tidak memiliki fitur seperti itu, maka tidak masalah. Kamu bisa tetap menyelamatkan smartphone kamu saat terkena air. Bagaimana caranya? berikut beberapa cara mengatasi hp kena air yang bisa anda coba

Cara Mengatasi Hp Basah 

Sebelum melakukan apapun, pastikan smartphone dalam keadaan mati

Usai smartphone kamu terkena air, hal pertama yang terlintas di pikiran kamu adalah mengecek keadaan smartphone kamu. Saat kamu mendapati smartphone masih dalam keadaan menyala, kamu pasti sangat bersyukur. Namun akan lebih baik bila kamu langsung mematikannya untuk berjaga-jaga. Air memiliki sifat yang bertolak belakang dengan benda elektronik. Makin lama kamu membiarkan smartphone dalam keadaan hidup saat terdapat air di dalamnya, maka kemungkinan smartphone mengalami kerusakan akan semakin besar. 

Untuk meminimalisir hal-hal tidak terduga, segera bongkar smartphone kamu

Maksud dari membongkar di sini bukanlah melakukan “unboxing” pada smartphone-mu, melainkan hanya mencopot baterai ataupun mencopot sim card dan microSD. Cara ini bisa dilakukan untuk kamu yang tidak berpengalaman dalam masalah copot-mencopot komponen smartphone. Akan tetapi untuk kamu yang sudah berpengalaman, bisa langsung membongkarnya saja. Setelah itu, letakkan setiap komponen yang sudah dilucuti ke atas kain yang kering. Namun kamu harus tahu, pastikan kamu benar-benar paham bagaimana cara membongkar smartphone yang baik supaya kerusakan tidak semakin parah. 

Keringkan bagian luar smartphone

Setelah kamu selesai mengurus bagian dalam smartphone, maka selanjutnya adalah membersihkan sekaligus mengeringkan bagian luar smartphone kamu. Untuk cara yang satu ini, kamu bisa menggunakan kain kering. Lakukan hal ini dengan perlahan dan tidak terburu-buru. Sebab ditakutkan terjadi goresan saat kamu melakukannya. Selain itu, jangan terlalu banyak menggerakkan smartphone. Dikhawatirkan, air akan menyebar ke komponen smartphone lainnya dan membuat kerusakan semakin parah. 

Manfaatkan vacum cleaner yang kamu punya

Kamu harus tahu, jangan meniup smartphone saat sedang terkena air. Hal ini justru membuat air lebih masuk ke dalam smartphone. Untuk mengatasinya, gunakan vacuum cleaner untuk menarik air keluar dari dalam smartphone. atau bisa  Mengatasinya HP yang terkena air menggunakan beras

Waktunya untuk mengeringkan smartphone kesayangan kamu

Hal lainnya yang harus kamu lakukan adalah mengeringkan smartphone sebelum digunakan kembali. Ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan untuk mengeringkan smartphone ini. Salah satunya adalah dengan meletakkan smartphone kamu ke kantong yang berisi beras. Beras dianggap sebagai bahan yang bisa menyerap air kelembapan dengan baik. Tak hanya itu, beras pun mudah ditemukan di mana saja sehingga kamu akan lebih mudah melakukannya. Jika tidak ingin menggunakan beras, kamu bisa menggunakan silica gel. Silica gel ini merupakan kantong kecil berwarna putih yang biasanya ada saat kamu membeli barang elektronik ataupun sepatu. 

Saatnya kamu melihat hasilnya

Usai kamu melakukan setiap langkah yang di atas, sekarang adalah saatnya kamu memeriksa apakah smartphone kamu masih bisa diselamatkan atau tidak. Cobalah untuk merakit ulang smarpthonemu. Setelah selesai, cobalah untuk menghidupkan smartphone kamu. Bila smartphone dapat menyala kembali, maka smartphone kesayanganmu bisa diselamatkan. Bila yang terjadi adalah sebaliknya, maka ini saatnya membeli smartphone baru. Pastikan juga semua komponen dari smartphone berjalan dengan baik, misalnya bagian kamera, speaker dan lainnya.
Cara Mengatasi HP Terkena Air
6 Cara Mengatasi HP Terkena Air

Nah setelah kamu mengetahui bagaimana cara menyelamatkan, di bawah ini ada beberapa cara yang tidak boleh dilakukan saat smartphone kesayangan kamu terkena air. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini;
  • Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat smartphone terkena air, jangan sampai kamu menghidupkan smartphone tersebut.
  • Hindari menghubungkan smartphone kamu ke tenaga listrik karena smartphone kamu masih mengandung air.
  • Jangan menekan tombol apapun. Satu-satunya tombol yang dapat kamu tekan adalah tombol turn off apabila smartphone kamu masih hidup. Sebab, makin lama kamu menekan smartphone, maka makin masuk pula air ke dalam smartphone. 
  • Jangan menggerakan smartphone kamu terlalu banyak. Jika kamu melakukan hal ini, maka air dalam smartphone akan menyebar ke komponen lainnya yang tadinya tidak tersentuh air. 
  • Jangan memanaskan smartphone kamu. Kamu mungkin menganggap bahwa memanaskan smartphone akan membuat smartphone kamu kering. Akan tetapi yang terjadi justru sebaliknya. Pemakaian panas terhadap smartphone akan merusak smartphone kamu. Untuk itu, jangan menambah sampai kamu malah menambah rusak smartphone kamu.
Nah itulah beberapa cara mengatasi HP kena air. Jangan sampai kamu melakukan cara yang salah dalam menanganinya. Semoga dengan cara di atas, smartphone kamu bisa terselamatkan. Semoga berhasil.

Follow Blogger Kami. Masukan Email Untuk Berlangganan:

0 Response to "Cara Mengatasi HP Basah Kena Air Agar Tidak Mati Total"

Posting Komentar